Jumat, 16 April 2010

Eight Candle & Kripzzz




Latar Belakang

Di zaman modern ini banyak sekali pengangguran di Indonesia. Kita tidak dapat menuggu atau mengandalkan pekerjaan dari seseorang atau instansi tertentu. Dizaman ini kita dituntut untuk dapat kreatif dan inovatif dalam menciptakan suati lapangan pekerjaan baru.
Untuk itu kami memutuskan untuk menjual suatu produk. Produk yang mungkin belum terpikirkan oleh orang lain. Kami memilih produk lilin souvenir dan snack ( makanan ringan ). Produk lilin kami beri nama EIGHT CANDLE. Kami memilih produk lilin karena banyaknya variasi bentuk dan sebagai alternatif kebutuhan pada saat listrik padam, serta bisa digunakan sebagai hadiah.
Produk lilin souvenir ini terdiri dari 2 (dua) bentuk yaitu bunga mawar dan bunga anggrek dengan dan 3 (tiga) warna yaitu pink, merah marun dan biru. Selain itu, pada produk kami mencantumkan logo produk.
Kami memutuskan untuk membeli produk jadi karena selain kami dapat memilih beraneka ragam bentuk, biayanya lebih rendah dari pada membuat sendiri. Selain itu, kami juga dapat menghemat waktu.



Untuk memanfaatkan modal yang terkumpul dari penjualan lilin, maka modal tersebut dimanfaatkan dengan pembelian produk lain. Selain itu juga untuk memaksimalkan keuntungan yang akan didapat, kami sepakat untuk membeli produk yang banyak diminati dan tentunya dengan harga terjangkau.
Produk yang banyak diminati dengan harga yang terjangkau menurut kami lebih mudah untuk dijual berarti modal cepat kembali dan memiliki resiko produk tidak terjual lebih kecil.
Dengan adanya alasan tersebut dan tujuan sasaran pasar kami, yaitu lingungan kampus, kami mengambil keputusan untuk menjual aneka macam snack ( makanan ringan ). Produk kami beri nama KRIP’Z. Kami memilih produk ini karena kita semua tahu bahwa snack banyak diminati oleh konsumen, selain itu kita dapat memilih beraneka ragam snack dengan harga terjangkau dan dapat dijual dengan harga layak. Keunggulan dari produk snack ini adalah dari rasanya yang gurih dan renyah, harganya murah, komposisi isinya sesuai dengan harga, tahan lama, dapat dikonsumsi sehari-hari.

I. Lokasi Pembelian Bahan Baku
Kami membeli produk lilin souvenir di pasar Jatinegara, Jakarta Timur. Produk snack kami beli di Toko PD Sahabat Jaya, Jl. Raya Bogor KM 24 ( Jl. H. Husin No. 18 ) Cijantung, Jakarta Timur. Telp : ( 62-21) 8400768, 8400184.

II. Daerah Pemasaran

1. Kampus Gunadarma ( Kampus D,E,G). 6. Kebayoran Lama.
2. Lenteng Agung. 7. Ciledug.
3. Ragunan. 8. Depok (Kapuk).
4. Lebak Bulus. 9. Cibubur.
5. Radio Dalam. 10. Pondok Indah

III. Laporan Keuangan
Laporan Laba Rugi Produk Lilin
Penjualan 49 x Rp 5.000,- Rp. 245.000,-
Persediaan awal = 0
Pembelian @ 50 x Rp. 3.000,- = Rp. 150.000 +

BTUD = Rp. 150.000,-
Persediaan akhir 0 -

Biaya penjualan Rp. 150.000 -

Laba kotor Rp. 95.000,-

Biaya-biaya :
- Biaya transportasi: Rp. 25.000,- (@ 4 orang )
- Biaya logo : Rp. 5.000,-
- Biaya komunikasi: Rp. 5.000,- +

Total biaya Rp. 35.000 -

Laba bersih Rp. 60.000,-

Keterangan :
Modal awal Rp. 200.000,-
Biaya Lilin Rp. 185.000,- -

Sisa Rp. 15.000,-



Laporan Laba Rugi Produk Snack
Penjualan :
- Potato 9 x Rp. 7000,- = Rp. 63.000,-
- Stik balado 10 x Rp. 8000,- = Rp. 80.000,-
- Stik cokelat (6 x Rp. 2000) + (2 x Rp. 5000) = Rp. 22.000,-
- Kripik bawang 6 x Rp. 2500,- = Rp. 15.000,- +

Total penjualan Rp. 180.000,-
Persediaan awal 0
Pembelian Rp. 89.500,- +

BTUD Rp. 89.500,-
Persediaan akhir 0 -

Biaya penjualan Rp. 89.500,- -

Laba kotor Rp. 90.500,-

Biaya-biaya :
- Biaya transportasi : Rp. 20.000,-
- Biaya logo Rp. 20.000,-
- Biaya kemasan
Rp. 5.000,- +
Total biaya
Rp. 45.000,-
Laba bersih Rp. 45.500,-

Total laba = Rp. 15.000 + Rp. 60.000 + Rp. 45.500 = Rp. 120.500,-

IV. Struktur Organisasi




Job description
1. Ketua :
• Memimpin jalannya kegiatan
• Memberikan arahan kepada setiap bagian
• Membuat keputusan
2. Wakil Ketua :
• Membantu ketua dalam menetapkan keputusan
3. Bagian Keuangan :
• Menyusun anggaran keuangan
• Mencatat pendapatan dan pengeluaran dari penjualan
• Membuat laporan keuangan
4. Bagian Pemasaran
• Memberikan informasi kepada setiap bagian yang berkaitan dengan kegiatan
• Survei tempat untuk membeli produk dan pangsa pasar yang akan dituju untuk menjual produk
• Mempromosikan produk yang dijual
5. Bagian Kreatif
• Membuat kreatifitas untuk menunjang penampilan produk yang dijual, seperti membuat design logo dan kemasan untuk produk yang digunakan untuk yang dijual.

1 komentar: